Minggu, 25 Agustus 2013

Cara memperbaiki file yang corrupt di Windows 7

Memperbaiki file yang rusak (Corrupt) Windows 7 - file-file sistem windows yang bisa rusak atau terjadi crash dengan program lain. Selain terjadi crash  kerusakan juga sering terjadi akibat proses shutdown yang tidak sempurna (seperti mati lampu, dan lainnya). Di Windows 7 sendiri memiliki fitur untuk memperbaiki kerusakan file sistem yang disebut dengan SFC (System File Checker). Berikut langkah-langkah menggunakannya:

Klik Windows dan ketikkan CMD. Maka File Command Prompt (CMD) akan muncul dari hasil pencarian, lalu klik kanan dan Run As Administrator.
Pada Command Prompt, ketikkan SFC /SCANNOW, lalu tekan enter. Maka proses akan mencari file-file yang rusak dan akan memperbaikinya. Silahkan tunggu beberapa saat selama proses verification system scan berjalan. 
Pada poin nomor 1 dan 2 yang kita lakukan adalah semua sytem file, namun bisa juga lebih spisifik pada program tertentu saja. Sebagai contoh Notepad.exe yang mengalami crash, caranya adalah ketikkan SFC /SCANFILE=C:\Windows\Notepad.exe.
Mungkin dengan adanya fitur dari Windows 7 ini, bagi mereka yang selalu mendapatkan pesan error tidak perlu panik. Biasanya kepanikan itu muncul dan instal ulang menjadi solusi yang paling ampuh. 
Sekian artikel sederhana ini yang dapat Saya terbitkan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar