Minggu, 25 Agustus 2013

Bagaimana Meningkatkan Harsh Death Metal Vocal (Menyanyikan Vokal Kasar Death Metal)

 Apa cara yang lebih baik untuk mendokumentasikan aspek yang paling ekstrim - kengerian, kekacauan, sudut-sudut gelap - dari pengalaman manusia, dibandingkan dengan growl parau death metal? 

Vokal kasar yang pas untuk mata pelajaran yang keras, tapi mereka tidak begitu cocok untuk pita suara Anda. Pelajari teknik yang tepat sehingga death scream/death growl dapat menjadi suatu suara untuk Anda dengan seperti cara berkomunikasi, bukan sesuatu yang di dapat dengan secara pengalaman.

Dari hasil yang saya jalani, dari pengalaman bernyanyi di dalam genre: death metal, deathcore, metalcore, screamo, emo (dari genre keras ke genre rendah, dari tahun 2006 bermain band) saya mendapatkan beberapa tips untuk para vokalis yang bermain di pita suara kasar atau yang biasa kita sebut vokal kasar (harsh vocal).

Inilah dia berbagai tips yang dapat anda nikmati:

Jangan merokok, dan jika Anda bersikeras minum minuman alkohol, minum secukupnya. Merokok dapat memperdalam suara Anda, tetapi juga akan mengurangi dukungan napas Anda. Menyampaikan death vocal membutuhkan banyak energi, dan obat-obatan apapun hanya akan melemahkan kekuatan Anda yang ada pada diri anda.
Vokal yang keras akan tumbuh dalam volume ketika Anda memperoleh keterampilan dengan mereka dan menggunakannya dengan benar.
Jika Anda baru saja selesai sesi panjang dan baru selesai dari latihan yang berat dan suara Anda terasa lelah, madu akan bekerja sebagai keajaiban.  
Jangan kecewa jika Anda tidak terdengar sesuatu seperti vokalis favorit Anda (saran) - mencoba mengembangkan nada dan gaya Anda sendiri. Kemungkinan, Anda akan mulai berhenti bernyanyi dengan lagu dari beberapa artis favorit Anda. Cobalah untuk menambahkan sedikit sentuhan Anda sendiri karena Anda mecari nada suara vokal yang cocok buat Anda.
Anda dapat mencapai napas "pig squeal" (jeritan babi)  dengan melapaskan "bree" dengan meringkuk ujung lidah tepat di atas di mana gigi depan Anda bertemu, sekaligus menjaga lidah Anda lebar dan pada dasarnya menggeram E suara panjang (seperti dalam E di kata Bee.) 
Suara harus berasal dari bagian belakang tenggorokan Anda. Letakkan dua jari di tenggorokan Anda pada titik tertinggi dari sisi depan leher, tepat di bawah kepala. Jika Anda merasakan getaran di sana, Anda melakukannya dengan benar. Jika Anda merasa itu datang dari bagian bawah tenggorokan Anda, Anda merusak pita suara Anda dan perlu untuk memperbaikinya.
Belajarlah untuk mengontrol serak dan dahak. Parutan/serak adalah udara yang datang, dahak lendir di mulut dan tenggorokan. 
Pastikan untuk memiliki variasi vokal Anda. Scream dan growl monoton akan terdengar membosankan setelah beberapa saat, tidak peduli seberapa mengesankan vokal Anda.
Anda mungkin ingin menghindari "menutup sebagian" mikrofon dengan tangan Anda. Banyak vokalis sengaja menggunakan teknik ini untuk meningkatkan volume selama amplifikasi dan untuk membuat suara nada yang lebih rendah dari yang sebenarnya, tapi teknik ini juga banyak disukai oleh masyarakat death metal sebagai suatu teknik peningkatan palsu. Hal ini juga akan meredam ucapan Anda dan kemungkinan besar membuat lebih sulit untuk mencapai tingkat vokal / tingkat nada yang anda inginkan. 
Untuk membuat suata yang lebih "brutal" , Anda bisa bereksperimen dengan air liur dalam mulut Anda. Hal ini dapat di siasati di antara lidah dan tenggorokan. Bahwa ini "memperbesar volume" yang Anda dengar di banyak lagu. Sebuah tenggorokan terbuka adalah kuncinya.
Sebagai catatan bernyanyi, nyanyian dan udara harus datang dengan mudah. Satu dapat menggunakan lidah mereka untuk menangkis udara dipaksa dan mengubah nada. Hal ini dapat dilakukan dengan meringkuk lidah baik ke atas atau ke bawah dan menghasilkan nada yang lebih dalam. Bibir adalah metode kedua untuk mengubah nada. Anda tidak boleh mengubah nada dengan memperketat tenggorokan Anda.

Latihan:

Saya akan memberikan beberapa tips untuk belajar vokal kasar, sampai cara melakukan vokal death metal, death growl dan death squeal. 
Step by step.

Langkah pertama

Cobalah bernapas melalui mulut dengan mengisi udara di bagian paru2, itu terletak di bagian antara perut dan dada. 
Bukalah mulut lebar2 dan bernapaslah. Lakukan selama 2 menit.

Langkah kedua

Lakukanlah pemanasan dengan menyanyikan beberapa lagu yang bernada rendah, seperti: oasis, linkin park, vanilla sky, dll. 
3 lagu sudah cukup sebagai langkah pemanasan. 

Atau

Dapat juga dengan menyanyikan nada dari beberapa huruf seperti: a, i, u, e, o. Sesuaikan tinggi nadanya.

*langkah pertama dan kedua sangat penting untuk menjaga vokal dan pita suara kasarmu. Lakukan dua langkah ini setiap Anda ingin berlatih sendiri, dengan band, atau ketika mau manggung.

Langkah ketiga

Nyanyikan beberapa lagu ringan yang memiliki vokal kasar, seperti: lagu saosin, alone at last, jolly jumper, restrain, folly, silverstein, dll. Cobalah untuk menggerutu, atau berteriak di lirik yang ada screamnya.
Lakukan langkah diatas rutin selama beberapa hari, otomatis pita suara akan terbiasa/menyesuaikan untuk membuka pita suara kasar.

*ps: jangan terlalu dipaksa latihannya, semua latihan butuh proses, hehe. Saya juga latihan pertama perlu beberapa minggu biar lancar, tapi rutin

Jangan lupa banyak2 minum air putih selama latihan dan sesudah latihan, jangan minum selain air putih. 
Atau lebih bagus bila minum lemon tea hangat sesudah latihan atau siap perform. Hangatnya hangat-hangat sedu la (hangat2 jambu).

Langkah ke empat

Setelah terbiasa dan mampu menyanyikan beberapa lagu screamo, anda dapat mencoba melakukan growl. 
Caranya: dengan mengeram seperti gonggongan anjing (bunyinya seperti: grr, urghh, rawr, graor) ya itulah
Cobalah membiasakan growl dan scream untuk beberapa minggu atau beberapa bulan

Langkah ke lima

Setelah Anda terbiasa, cobalah menyanyikan beberapa lagu post hardcore atau lagu metalcore. Saran saya coba: blessthefall, as i lay dying, texas in july, the devil wears prada, august burns red, motienless in white, miss may i, dying fetus, caliban, escape the fate, dll. 
Begitu banyak untuk di katakan

*tips: jangan lupa menyanyikan vokal kasar sesuai dengan lirik (bila berlatih dengan lagu band/orang lain) karna bila Anda menyanyikan vokal kasar sesuai dengan lirik, anda akan terhindar dari kerusakan pita suara. Setiap lagu  metal/yang berisi harsh vocal, sudah ditentukan mana lirik yang dapat dilafaskan vokal kasarnya. Jangan coba Anda asal2 an dalam melakukan vokal kasar

Langkah ke enam

Setelah anda siap untuk naik ke genre yang lebih tinggi, anda dapat mencoba untuk menyanyikan death scream, death growl, grunt dan death squeal di lagu2 ber genre death metal atau genre deathcore.

Caranya: 

- Death scream, Anda dapat mencapai tingkat vokal ini dengan berkesperimen di scream anda. Paksa suara dari tenggorokan, dan usahakan udara dapat cepat keluar dari perut (paru2). Tapi lakukan dengan benar, dan tidak terlalu memaksa, kendalikan energi yang Anda butuhkan untuk melakukan death vocal. Ketatkan leher dan tenggorokan anda. Untuk memberikan tambahan kekuatan.
Di death metal, death scream terdengar seperti tingkat tinggi deep scream di metalcore (coba cari di wikipedia)
Di deathcore, death scream terdengar seperti merepet dan seperti bercerita dengan lirik2 kematiannya. Anda dapat menemukan vokal ini di lagu2 seperti: suicide silence, despised icon, all shall perish, the faceless, hiroshima will burn, viraemia, whitechapel, waking the cadaver, dll.

Tips: usahakan untuk tidak terlalu mengeluarkan seluruh kekuatan dan suara ketika anda perform. Karena itu akan membantu Anda untuk menjaga durasi stamina dalam melakukan vokal kasar. Manfaatkan stamina suara sebaik mungkin. 

- Death growl, Anda dapat melakukan growl ini dengan menyanyikan growl memakai bantuan suara perut dan kekuatan leher/tenggorokan. Durasi death growl kebanyakan lama. Makanya, cobalah latih death growl selama mungkin yang anda bisa. Otomatis, growl anda akan mencapai kemajuan pesat. Anda dapat menemukan vocal kasar ini di lagu: necropaghist, suicide silence, as blood runs black, carnifex, the faceless, born of osiris, 
All shall perish, dll. 

- Grunt, yang satu ini adalah teknik growl yang paling berat dan paling susah. Namun, saya berhasil mencapainya. Anda dapat melakukannya dengan membiasakan diri Anda melakukan death scream, death growl dengan tingkat volume tertinggi yang anda bisa. Otomatis, bila anda sudah mencapai nafas yang dibutuhkan untuk menghasilkan grunt, anda dapat melakukannya seperti mencoba melafaskan growl berbunyi "GRUNT" selama 2-3 menit. Itu lah tanda Anda berhasil melakukannya. Anda dapat menemukan teknik vokal ini di lagu band: The Black Dahlia Murder (mereka juga memakai death scream dengan tingkat nada tertinggi)

- Death Squeal, Anda dapat melakukan squeal (jeritan) babi dengan melafaskan Bree,Bee,Quee (yang berbunyi e dibelakangnya) sambil meniup kasar vokal anda. Juga tempatkan lidah anda di posisi bagian atas depan atap rahang, tepat di belakang gigi atas depan (antara gigi atas depan rahang). Kekuatan dari teknik ini berada di leher/tenggorokan dan posisi lidah. 

- Youth, ini adalah teknik vokal hard core. Dengan mencapai tingkat low scream yang menyesuaikan tema hardcore. Saya tidak terlalu pandai di Youth, maaf saya tidak bisa memberikan tips di bagian vokal kasar Youth. 

Tips yang lain:

Minum air hangat atau teh satu jam sebelum show, serta saat selesai menyanyikan se-antara lagu. Ini menenangkan pita suara Anda.
Hindari air dingin, karena dapat mengguncang suara, dan menyebabkan pita suara untuk "tegang." Juga hindari air panas, karena dapat melepuh lidah dan tenggorokan.
Minum minuman yang sehat, seperti air, setelah Anda selesai melakukan vokal death metal (atau vokal kasar apapun genrenya).
Hindari susu karena akan meningkatkan setiap dahak atau lendir yang ada, yang akan melapisi tenggorokan Anda, memperlambat kemajuan Anda.
Jika Anda sampai memuntahkan darah, berarti Anda telah salah dalam melakukan teknik vokal kasar, kalau posisinya begini, tunggu tenggorokan sampai benar2 fit. Dan jangan menyanyi dulu, lakukan kembali setelah waktu yang cukup lama. * untuk mitos menjerit di dalam air bak itu hanya mengada2 saja, untuk agar suara Anda pecah itu mengada2 saja. Itu malah akan membahayakan pita suara Anda. Tolong teman2 jangan dicoba.. 
Jangan bernyanyi ketika kondisi anta tidak fit, sedang sakit, sesak nafas. flu, batuk atau sedang serak. Itu hanya akan mengembangkan virus penyakit di dalam diri Anda, sehingga memperpanjang kondisi sakit yang sedang Anda alami. Lebih nyaman menyanyi ketika kondisi badan fit. Bukankah begitu?


Itulah sekian dari posting saya kali ini.
Saya bermain di beberapa band dulu, tapi sekarang sudah vakum.
Nama band yang sudah saya jalani cukup lama yaitu: Better Death sekitar tiga tahun (vocal) sebelumnya namanya Fallen for Glory,  Bestiality Buddy (vocal) sekitar satu tahun lewat, dan setelah itu saya  vakum dan menjadi Photographer band Over Dramatic (Medan) selama setahun lewat. 
Saya juga pernah menjadi drummer untuk waktu yang tidak lama.

Dan ingatlah selalu, skill tidak akan hilang. Skill yang sudah Anda miliki akan selalu ada di diri Anda. 
Walaupun Anda jarang melakukannya lagi, namun anda pasti bisa hanya dengan sedikit bumbu latihan kembali untuk mengembalikan skill Anda yang lama. 
Good luck brother/sister! I wish u have so many luck! (:


3 komentar: